Sabtu, 14 Juli 2012

KETIKA SANTRI MELESTARIKAN BUDAYA

Assalamualaikum wr.wb
Sslam Pramuka............................................................

 sahabat pramuka indonesia merupakan negara yang memiliki banyak kekayaan baik dari sumber daya alam sampai dengan keanekaragaman budaya lah sebelum lebihlanjut mengenal budaya kita sejenak mengenal asal muasal kata budaya .  budaya pada dasarnya berasal dari bahasa sangsekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia..

 pada dasarnya kebudayaan berasal dari olah pikir rakyat pada daerah tertentu sehingga  kebudayaan sangat erat dengan hubungannya dengan masyarakat . oleh kerena itu kebudayaan di nusantra sangatlah beragam sehingga tak ayal indonesia sejak dahulu kala dikenal dengan negara yang sangat kaya akan kekayaan kebudayaannya ,Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

pada zaman modernt ini sangat banyak sekali aneka ragam budaya baru sehingga budaya - budaya yang diciptakan oleh nenek moyang kita terdahulu mulai di gerus oleh kebudayaan baru . pada dasarnya hal seperti itu memenag menuai paradigma antara pro dan kontra , jika kita amati dengan seksama memang kebudayaan di era baru ini selama dalam koridor kegiatan positif tidak ada salahnya bukan , namun harus kita sadari jika hal tersebut tidak di imbangi dengan kebudayaan tradisonal ,bisa - bisa tidak  akan adalagi generasi muda indonesia yang akan peduli dengan nasib kebudayaan tradisonal yang merupakan kekayaan dari bumi nusantra ini.

musik daul yang merupakan salah satu kebudayaan rakyat madura
maka dari itu kita harus mengenalkan kebudayaan kita keapada generasi penerus estafet bangsa indonesia ini . jika kita melaksanakan , menjaga , dan membumikan budaya tredisonal kita tidak akan ada kata - kata budaya kita di rampas negara lain , nudaya kita runtuh dan budaya kita punah . lah oleh karena itu kita Yayasan pondok pesantren salafiyah dengan langkah pasti ikit turut andil dalam melakukan langkah melastarikan budaya yang merupakan warisan pusaka nenek moyang .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar