Minggu, 22 April 2012

KHASIAT JAHE

Salam Pramuka ....

 Cuaca Bondowoso memang dingin apa lagi pas kalau sudah turun hujan , maklum curah hujan di Bondowoso sangat tinggi . paling enak jika cuaca dingin sambil duduk - duduk di temenin wedang jahe . sahabat pramuka ........ tahukah anda bahwa jahe merupakan tanaman obat yang sangat kaya akan manfaat tanaman yang bahasa latin disebut dengan Zingiber officinele Rosc , tanaman rimpang tersebut sangat populer sebagai bahan rempah dan obat - obatan  tanaman yang diperkirakan berasal dari negeri cina tersebut memiliki  ciri - ciri Batang jahe merupakan batang semu dengan tinggi 30 hingga 100 cm. Akarnya berbentuk rimpang dengan daging akar berwarna kuning hingga kemerahan dengan bau menyengat. Daun menyirip dengan panjang 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm.

sahabat pramuka tenaman tersebut memiliki banyak manfaat diantaranya :

a. obat batuk

selain obat batuk tradisional yaitu kecap campur jeruk nipis . ternyata jahe juga dapat digunakan sebagai obat untuk batuk .caranya ambil 3 rimapang jahe rebus dengan 2 gelas air dan air rebusannya di minum dua kali sehari .

b. pengahangan badan dan obat masuk angin .

 caranya ganpang sahabat pramuka . cukup dengan 1 ruas jahe di bakar atau langsung di tumbuk campur dengan gula dan berikan air panas .... heheh jadi wedang jahe ... konon bukan konon lagi ya ... tapi dipercaya dapat mengurangi rasa dingin dan obat masuk angin .

c. Obat pegal - pegal

ambil 2 rimpang jahe dan 2 gelas susu segar .rimpang jahe di bakar dan di tumbuk dicampurkan dengan susu yang tadi , sudah itu siap di minum .

duh sahabat pramuka masih banyak lagi kegunaan jahe . kakak rasa jika di tulis di blog kakak kayaknya gag akan cukup dech ....... heheheheheh  .
yups meskipun sedikit semoga bermanfaat bagi kehidupan kita .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar