Senin, 19 Maret 2012

BERGURU PADA SEMUT

Assalamualaikum wr.wb

Salam Pramuka..

sahabat pramuka pastinya sudah tahu kepa semut . iya semut adalah serangga eusosial yang berasal dari keluarga Formisidae, dan semut termasuk dalam ordo Himenoptera bersama dengan lebah dan tawon. Semut terbagi atas lebih dari 12.000 kelompok, dengan perbandingan jumlah yang besar di kawasan tropis. Semut dikenal dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur, yang terkadang terdiri dari ribuan semut per koloni. Jenis semut dibagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Satu koloni dapat menguasai dan memakai sebuah daerah luas untuk mendukung kegiatan mereka

kalau kita teliti secara detail tentang sifat semut  tentunya kita akan takjub atas ke besaran Allah . coba saudara - saudara ku  meskipun semut hewan yang sangat kecil semut mempunya solidaritas yang tinggi antar sesama kawannya , mereka hidup berkoloni , dan mencari makan sama- sama bahkan saling gotong royong .lah paling tidak kita kita sebagai manusia yang diberikan akal yang lebih harusnya kita mencontoh hewan kecil tersebut , baik dalam sosialisasinya , etos kerjannya dll.

 bahkan Umat muslim diperintahkan untuk tidak membunuh semut, berdasarkan hadits riwayat Abu Hurairah Muhammad bersabda bahwa, "Ada seekor seekor semut pernah menggigit salah seorang nabi. Nabi tersebut lalu memerintahkan umatnya untuk mendatangi sarang semut kemudian membakarnya. Tetapi kemudian Allah menurunkan wahyu kepadanya, "Apakah hanya karena seekor semut menggigitmu lantas kamu membinasakan satu umat yang selalu bertasbih.

jadi teman - teman sahabat pramuka . ayo kita teladani sifat dari semut - semut tersebut , meskipun hanya hewan kecil dan lebih mulya dari pada kita .maka dari itu marilah kita betul teladani , buang sifat malas kita ganti dengan sifat yang lebih bermanfaat tentunya yang menghaslkan karya yang berguna bagi bangsa ini . maka dari itu PRamuka disebut PRAJA MUDA KARAnA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar