Kamis, 15 Maret 2012

KHASIAT JAGUNG

Assalamualaikum wr.wb
Salam Pramuka .......

 Pas Malam minggu di alun - alun Bondowoso kebetulan ada uang gocek  heheh iseng - iseng beli jagung bakar wiuh rasanya uenak temen apa lagi sangat cocok di daerah bondowoso yang iklimnya lumayan dingin . emmmm saya rasa adik - adik and kakak - kakak pada tahu semua sama yang namanya jagung , gimana gag tahu wong di blakang rumah pasti ada kebun jagung heheh , tanaman yang mulanya di budidayakan oleh orang meksiko ini yang awal mulanya di bawa oleh colombus dari spanyol waktu itu sangat bermanfaat bagi bangsa meksiko , sehingga jagung memiliki nilai ekonomis , sehingga pada masa kolonialisme di indonesia , Jagung semula dibawa oleh Portugis. Diantaranya juga ada yang dibawa ke pulau Tidore . Dari Tidore ada yang dibawa ke Sulawesi Utara dan menjadi nenek moyang jagung manado Kuning . Pada jaman Belanda jagung manado kuning sangat terkenal di Indonesia.

 itulah sekilas sejarah dari jagung  , sekarang yang belum kita tidak ketahui adalah manfaat dari jagung . jagung yang kita kenal enak ini ternyata memiliki sejuta manfaat yang sangad bermanfaat bagi diri kita , gag cuman bermanfaat untuk di jadikan jagung bakar tapi jagung juga memiliki berbagai kegunaan antara lain :
  • Melancarkan air seni : 50 gr rambut jagung segar dicuci, direbus dengan 1 liter air sampai airnya tinggal 1/2 liter. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.
  • Batu ginjal : Segenggam rambut jagung segar, 4 tongkol jagung muda, 8 helai daun keji beling. Semua dicuci, lalu rebus dengan 0,5 liter air sampai airnya tinggal separuh. Saring untuk diminum sekaligus.
  • Hipertensi : Sama dengan resep untuk melancarkan air seni. Setelah tekanan darah normal, ramuan ini tetap diminum sehari sekali.
  • Batu empedu : 5 tongkol jagung, 20 helai daun kumis kucing. Semua dicuci, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal 3/4 gelas. Diminum sekaligus pada siang hari.
  • Melancarkan ASI : Makan beberapa jagung rebus sebagai kudapan.
jadi teman - temen sudah tahu itulah manfaat dari jagung . soo jangan pernah katakan "NO untuk makan nasi Jagung hehehhehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar