Selasa, 20 Maret 2012

SEJARAH JOTA JOTI

Assalamualaikum wr.wb

salam Pramuka

 sebagai seorang padu indonesia ( Pramuka ) tentunya kita tidak asing lai dengan yang namanya JOTA dan JOTI . kedua istilah itu JOTA ( jambore On The Air ) dan JOTI ( Jambore On The Internet ) , kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan jambore kepanduan nternasional yang bermaksud menjalin komunikasi scout antar bangsa .

 Kegiatan JOTA ( jambore On The air ) pertama kali di selenggarakan dalam rangka memperingati 50 tahun krpanduan internasonal aitu pada tahun 1957 . kegiatan tersebut pertama kali di rancang dan di gagas oleh seorang amatir radio berkebangsaan ingris dengan saluran callsign G3BHK.

kegaiatan JOTA pada mulanya hanya mempergunakan perangkat radio amatir yang jarak jangkauawan hanya sekitar 40 meter sampai dengan 80 meter. sehingga pada waktu itu meski keterbatasan dan kecanggihan tekhnologi tak membuat gentar dan partisipasi dalam al tersebut sehingga banyak kantor - kantor radio  lokal yang membantu menghbungkan lebih dari 50.000 semua pramuka - pramuka antar bangsa  ,sehingga pada akhir 2004 tidak lagi mempergunakan perangkat radia akan tetapi menggunakan VOip .

 dan kegaiatan JOTI dirintis pada tahun 1995 oleh Rovers Queanbeyan sementara satu Rover, Norvan Vogt berada di pertukaran pelajar di Belanda, dengan kru rumah di Australia dikoordinasi oleh Brett Sheffield. Mereka menghubungkan Putten, Belanda dengan Queanbeyan, Australia dengan mendedikasikan server IRC. Pada bulan November 1996 Komite Pramuka Dunia, mencatat bahwa kepramukaan sudah memiliki kehadiran yang cukup besar di Internet, dan sudah ada sebuah Jambore informal dan berkembang pesat di Internet, memutuskan bahwa JOTI harus menjadi acara resmi Pramuka internasional, dan yang seharusnya diselenggarakan pada akhir pekan sama dengan Jambore di udara (JOTA).

 Pada kegiatan JOTI adalah kegiatan chat dengan Pramuka-Pramuka dari seluruh penjuru dunia dengan menggunakan kanal IRC. Sehingga, untuk dapat mengikuti kegiatan JOTI dalam komputer harus ada software chat IRC, misalnya mIRC atau XChat.

jadi begitu sahabat pramuka dalam pramuka tidak hanya di beri pembelajaran seperti tekpram dan kecakapan hidup . akan tetapi gerakan pramuka juga memperkenalkan tekhnologi bagi setiap pandu , hal tersebut di lakukan agar setaiap anggotta pramuka tidak gaptek ( gagap teknologi ) namun di sini perluh ada peran negara dalam membangun komunkasi tersebut  paling tidak di desa -desa dan di plosok - plosok juga di berikan faslitas yang sama dengan yang ada di kota . 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar