Kamis, 29 Maret 2012

KHASIAT SI JAMUR LING ZHI

Assalamualaikum .wr.wb
Salam Pramuka .......

 Pas waktu latihan penjelajahan di gunung Pakisan .kami bersama rombongan Pramuka Ma dan MTs Hidayatullah menemukan jamur kalau menurut hemat pendapat kami jamur tersebut gag begitu penting ,eh ternyata pas kami ke perpustakaan ternyata jamur tersebut bernama " Ling Zhi (Ganoderma lucidum.).

 sejarah dari jamur ling zhi adalah.
Menurut sejarah Cina, ling zhi ditemukan oleh seorang petani bernama Shen Nong, dan dicatat dalam bukunya, Shen Nong Herbal Classic. Ia dijuluki sebagai petani yang suci (holyfarmer). Seng Nong menyatakan, kriteria unggul nilai atau manfaat dari sebuah tanaman obat adalah bila dikonsumsi dalam jangka waktu lama tidak menimbulkan efek samping. Pada zaman Dinasti Shu, sekitar 2400 tahun lalu, ling zhi hanya dikonsumsi untuk pengobatan para maharaja dan bangsawan di negeri Cina. Pada masa itu, ling zhi masih langka.
Sejak tahun 1971, seorang peneliti dari Universitas Kyoto, Jepang, bernama Yukio Naoi mulai membudidayakan ling zhi. Melalui eksperimen-eksperimennya, akhirnya ia berhasil menemukan cara menumbuhkan ling zhi menggunakan limbah pertanian dan kayu-kayu yang telah lapuk.

Tubuh Ganoderma lucidum mengandung lebih dari 200 senyawa aktif yang dapat dibagi menjadi tiga kelompok utama, yakni 30% senyawa larut dalam air, 65% senyawa larut dalam pelarut organik, dan 5% senyawa volatil. Polisakarida dan germanium organik merupakan senyawa larut dalam air. Adenosin dan terpenoid adalah senyawa yang larut dalam pelarut organik, sedangkan asam ganoderat termasuk senyawa volatil.

 Tentunya Allah SWT menciptakan mahluknya dengan sejuta manfaat . lah sekarang manfaat dari jamur ling zhi adalah ,sebagai anti kanker , selain anti kangker dia juga bermanfaat sebagai obat untuk menormalkan tekanan darah –tinggi maupun rendah–, mencegah stroke, antioksidan, antinyeri, antiradang, antivirus, antijamur, antialergi, menurunkan kadar lemak, kolesterol, gula darah, menyembuhkan bronkhitis, hepatitis, menekan efek samping kemoterapi/radiasi, dan masih banyak lagi. Kemampuannya menyembuhkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan, tak lain disebabkan daya adaptogennya, yaitu dengan menormalkan semua fungsi tubuh yang terganggu.

 jadi sahabat pramuka sudah tahu apa manfaat dari jamur ling zhi ?. maka dari itu manfaatkan lah jamur tersebut sebagai sarana pengobatan alami .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar