Minggu, 18 Maret 2012

FUNGSI MASJID

Assalamualaikum wr .wb
Salam Pramuka.

 berawal dari tanah jazirah arab Rosulullah membangun tempat peribadatan umat islam pertama yaitu mesjid  yang beliau beri nama mesjid nabawai . tentunya kita sebagai ummat islam sudah tidak asing lagi dengan bangunan yang satu itu, mesjid secara etemilogi mesjid adalah tempat sujud , dan secara terminologis mesjid bisa kita artikan sebagai tempat ibadah bagi umat islam .dan sebagai pusat kegiatan ummat islam dengan tujuan kemaslahatan ummat islam .

Mesjid YPPIS SALAFIYAH
 akan tetapi di jika kita amati lagu fungsi dari mesjid itu sendiri tidak hanya sbagai tempat serta sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah . akan tetapi mesjid sendiri pada hakikatnya memiliki berbagai fungsi ( Multi fungsi ), hal tersebut bisa kita lihat dari perjalanan sejarah ummat islam .

diantara fungsi mesjid sahabat pramuka seperti penjelasan di bawah ini .

1. mesjid sebagai tempat Kegiatan keagamaan

 sebagai kaum muslim memiliki kewajiban yaitu sholat lima waktu dan dalam kewajiban tersebut lebih afdolnya bila di laksanakan dengan berjama'ah . lah dari pernyataan tersebut Rosulullah SAW  memberikan solusi agar berjama'ah di mesjid , tidak hanya sebagai tempat jama'ah mesjid juga berfungsi sebagai tempat pelaksanaan hari - hari besar umat islam , sebagai tempat mensholati jenazah dan menunaikan sholat jum'at


2. masjid sebagai tempat kegiatan masyarakat.

selain fungsi masjid sebagai tempat ibadah masjid juga memiliku fungsi sebagai sarana kegiatan masyarakat .  biasanya di masyarakat pedasaan memanfaatkan mesjid sebagai tempat sharing soal keagamaan , membaca sholawat , tempat selametan dan tempat kumpul umat islam

 3 . masjid sebagai tempat pelaksanaan pendidikan .

 islam banyak melahirkan para ilmuan - ilmuan muslim yang menjadi kiblat para ilmuan - ilmuan yang lainnya . diantara ilmuan muslim seperti ibnu zina dan lain - lain , para ilmuan - ilmuan tersebut kebanyakan melakukan proses tranformasi ilmu kepada muridnya di mesjid - mesjid .
 lah bagaimana dengan di indonesia . di indonesia juga tidak kalah di indonesia masjid - mesjid sudah banyak membenah diri untu lebih memperlihatkan fungsi dari hal tersebut misalkan saja , mesjid sebagai madrasah diniah , sebagai TPQ , dan , tempat sharing informasi .

4. masjid sebagai tempat politik.

Di penghujung abad ke-20, peranan masjid sebagai tempat berpolitik mulai meningkat. Saat ini, partisipasi kepada masyarakat mulai menjadi agenda utama masjid-masjid di daerah Barat. Karena melihat masyarakat sekitar adalah penting, masjid-masjid digunakan sebagai tempat dialog dan diskusi damai antara umat Islam dengan non-Muslim.

bagaimana sahabat pramuka sudah tahu fungsi dari mesjid itu sendiri ? kalau sudah tahu ayo kita rawat masjid  dan jangan hanya di rawat tapi di kunjungi juga buat iba dah . karena alangkah baiknya jika ibadah seperti sholat 5 lima waktu di kerjakan berjama'ah di masjid pahalanya juga berlipat , dan tak hanya itu diam di mesjid aja kita di beri pahala ... hayooo kurang gimana lagi islam sahabat .....ayo kita tingkat kan ibadah sesuai dengan dasa ke -1 .... taqwa kepada tuhan yang maha Esa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar