Selasa, 24 Januari 2012

CARA MEMBUAT BIVAK

salam pramuka ....

secara sederhana definisi bivak adalah salah satu tempat tinggal sederha di alam bebas dan terikat pada suatu waktu tertentu . hampir sama  definisinya dengan tempat Tinggal ( Rumah) namun disini yang membedakan adalah waktu , dimana bivak hanya di gunakan dalam kurun waktu yang sangat singkat .

 adalah Tujuan pembuatan bivak adalah sebagai tempat perlindungan yang nyaman untuk melindungi diri kita dari faktor alam dan lingkungan yang ekstrim.

biasanya bivak banyak digunakan oleh para pecinta alam , pramuka yang sedang melakukan latihan survival dan para pengelana alam .menurut N.S. Adiyuwono, seorang penggiat alam terbuka, bahan dasar untuk membuat bivak bisa bermacam-macam. Ada yang dibuat dari ponco (jas hujan plastik), lembaran kain plastik atau memanfaatkan bahan-bahan alami, seperti daun-daunan, ijuk, rumbia, daun palem, dan lainnya. Tapi yang paling penting, kesemua bahan dasar tadi sanggup bertahan ketika menghadapi serangan angin, hujan atau panas.

dan beberapa hal yang penting dan harus di perhatikan dalam pembuatan bivak adalah :
. Kondisi medan
- tempat harus datar / rata / enak buat tidur
- bukan merupakan jalan hewan,manusia atau air
- jangan di bawah pohon yang sudah tua/lapuk atau di bawah tebing yang labil serta jangan terlalu merusak alam sekitar
- dekat dengan sumber air, bukan sarang nyamuk / serangga juga tanaman busuk karena tempat itu tidak sehat dan kurang aman
- aman dari ancaman hewan atau keganasan alam (banjir, lahar,longsor)
antisipasi : buat parit di sekeliling bivak, tebarkan garam, buat api unggun dll.

yups semoga artikel ini bermafaat bagi yang membaca . 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar