Kamis, 26 Januari 2012

TAFAKKUR DIRI

Assalamualaikum wr . wb

salam Pramuka !

sahabat Pramuka yang selalu di berkahi oleh Allah . alangkah banyak nikmat yang Dia berikan kepada kita ,baik kenikmatan Lahir dan kenikmatan batin baik berupa ,materi ,kebahagiaan , dan kesehatan .
namun pernah tidak terfikir dalam diri kita ,sepintas saja kita Tafakkur ( merenung atas kekuasaannya ) ? mungkin kita harus sadari bukan tidak pernah tapi jarang sekali bahkan sering lupa akan hal tersebut . ya karena manusia memiliki sifat salah dan lupa .
jika sudah terfikirkan dalam benak kita akan semua angan-angan kita sekarang permasalahan kita " apakah kita Boleh Tafakkur ? banyak orang salah mengartikan apa itu tafakkur ,kebanyakan orang mendefinisikan tafakkur itu adalah melamun . perlu ditandai  melamun sama merenung tidak sama kan coba saja lihat di kamus Besar Bahasa Indonesia edisi terbaru . dan sudah jelas islam tidak melarang ummatnya untuk tafakkur ( merenung ) asal jangan merenung yang tidak-tidak ya heheheh . Rosulullah SAW . sering menganjurkan kepada ummatnya untuk melakukan tafakkur sebagai mana dalam hadis Bliau "Tafakkuruu fii khalqiLlahi wa laa tafakkaruu fiiLlahi, berfikirlah kamu dalam ciptaan Allah ,dan jagan lah kamu berfikir akan zat Allah , diriwayatkan oleh Abu Nu'aim dari Ibnu Abbas .
dalam Hadist di atas Rosulillah hanya menganjurkan Kita untuk merenungkan akan ciptaan allah bukan akan keberadaan Allah itu sendiri ,mengapa demikian karena mustahil kita akan sanggup menggapainya !
 jadi ayolah sobat mulai sekarang kita merenung - merenung akan kebesaran tuhan . caranya gampang sobad . kita bisa mengadakan kegiatan seperti kemah ke gunung - gunung atau ketempat yang dapat membuat hati kita senang . dan satu yang harus di ingat kita harus berfikir dan merenungkan akan kekayaan Ibu Pertiwi ,karena dengan hal demikian dalam hati kita akan tumbuh rasa untuk menjaga karunia yang tuhan berikan kepada kita "yang berupa Kekayaan alam Ibu pertiwi .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar