Jumat, 27 Januari 2012

TEKNIK MENDAPATKAN AIR DI HUTAN.

Assalamualaikum wr.wb
salam Pramuka ....

sahabat pramuka dalam tubuh kita Didalam tubuh kita 42% adalah air dan kira-kira 25% akan hilang apabila kita berjalan dalam hutan (tetapi bergantung pada keadaan cuaca panas atau lembab). Tubuh kita memerlukan air sekurang-kurangnya 2 litter sehari. Kehilangan air dalam tubuh mengakibatkan kepanasan atau kesejukan melampau dan juga menyebabkan tekanan dan keletihan cepat terasa. Jika kita terputus bekalan air contohnya dihutan atau dimana kita perlu lakukan sesuatu untuk mengembalikan kesegaran tubuh .

ada beberapa teknik untuk mencari air ketika kita sedang melakukan adventur baik di gunung ,hutan dan tempat -tempat lainnya . karena kita mengingat akan pentingnya air bagi tubuh kita ... yups mari kita simak urayan berikut :

1.  di dalam kantong semar .
 di dalam kantong semar dalam tumbuhan ini . dapat menyimpan air baik dari air hujan dan sisa-sisa embun . tapi sebelum meminum lihat dulu isinya sapa tau ada hewan di dalamnya . heheheh

2. celah - selah batu
 Dari rekahan-rekahan batu,dalam lubang atau lekukan-carilah kemungkinan ada air yang tergenag didalamnya,mudah sahaja cara mengetahui jika ada air atau tidak yaitu jika terlihat semut atau seranga mengelilinginya atau ada kotoran burung disekitar lubang maka pasti ada air.

3. Akar gantung
di Akar tumbuhan biasanya banyak terdapat air,caranya  cabut dan keluarkan. Ketuk akar dengan kayu atau pisau untuk dapatkan air. contoh akar rotan.

4. mendapatkan embun
 di waktu pagi gunakan kesempatan tersebut untuk mencari embun di rumput - rumput meski hasilnya tidak begitu banyak tetapi dapat mengobati rasa dahaga kita .

5. dalam batang pisang
 Dalam batang pisang hutan-cara dapatkan air potong bahagian pangkal pokok, kira-kira 8 inci dari tanah. Kemudian korek pada bahagian tengahnya untuk membentuk satu bulatan seperti mangkuk. Tunggulah sehingga air penuh dalam tempoh tertentu. Air dari sumber ini boleh bertahan sehingga empat hari. lihat contoh dibawah.

6. dalam tumbuhan kaktus .
 pada batang katus banyak menyimpan banyak air . jika nant tema - teman sedang adventur di gurun . karena tumbuhan tersebut banyak terdapat di gurun .

yups mungkan hanya itu dari kami sebenarnya masih banyank kekayaan alam yang secara kita tak sadari memiliki manfaat yang sangat berguna bagi tubuh kita .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar