Kamis, 09 Februari 2012

AYO BUDAYAKAN TRADISI MEMBACA

Assalamualaikum Wr.Wb
Salam Pramuka .

Teman - temen Pramuka tentunya kita sangat familiar dengan peribahasa "Buku adalah Jendela dunia ", sebuah peribahasa yang berusaha mendobrak kemalasan dan membuang jauh - jauh rasa malas . bangsa indonesia sangat miris jika ditanya soal budaya membaca padahal jika kita merujuk kepada peribahasa tadi ,dengan mambaca kita dapat membuka jendela dunia !, wuihhhh mana mungkin kita dapat membuka jendelannya dunia ?, secara logika kita memang tidak akan mampu membuka cakra wala dunia yang amat begitu luasnya ,namun dengan mambaca buku paling tidak kita dapat membuka sebagian dari cakrawala tersebut.

Kita harus sadari bangsa Indonesia memang masih kurang dalam menerapkan dan membudayakan minat membaca . seiring dengan kemajuan zaman , rasannya hampir tidak ada lagi motto " sudahkah anda membaca ", kebanyakan masyarakat lebih menggunakan sarana audio visual dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dan penggunaaan jasa teknologi sangat berperan di dalammnya .

Akan tetapi mari kita renungan kembali dan kita fikirkan seksama manfaat dari membaca . dari segi ekonomi dengan mambaca kita dapat sedikit menghemat kantong kita ,caranya sangat gampang dengan kita berkunjung ke perpustakaan disana kita dapat fasilitas free mambaca sepuasnya , dari segi efesiensi waktu dengan mambaca kita dapat sedikit menggunakan waktu luang kita yang hanya terbuang sia - sia, dalam segi keilmuan tentunya kita sudah tahu dengan membaca kita dapat menambah ilmu pengetahuan kita yang merupakan konsumsi otak kita .

 Jadi marilah kita budayakan Tradisi membaca dalam kehidupan kita . toh ... mambaca adalah kegiatan yang positif asal jangan membaca buku yang dapat merusak moral kita ,temen - temen Pramuka ingat Allah sudah memberikan arahan kepada kita dalam firmannya " IQRO'", ya bacalah itulah artinya . dan masih banyak anjuran - anjuran dari rosul .

Sahabat pramuka ada banyak cara agar kita sedikit dapat membiasakan dan mambudayakan tradisi membaca . diantaranya adalah :
1. mulailah dengan yang anda suka
    misalkan mulai pertama mambaca lewat komik , cari komik yang lucu biar semangat baca mambara , sudah itu baru pindah ke Novel dan coba baca buku Ilmiah
2. Rajin ke perpus
  rajin ke perpus karena perpus tempatnya buku.
3. Jangan takut di bilang Kutu Buku
 hemmmm  seorang pembaca sejati heheh paling tidak jangan minder dibilang kutu buku . ketimbang kutu masyarakat hehehheeh.
4. Sisakan waktu
 harus sisahkan waktu untuk membaca jangan biarkan waktu terbuang sia - sia . inget waktu sangat berharga.
5. Sisihkan Uang
 paling tidak seorang pembaca mampunyai sendiri koleksi bukunya di rumah.
6. Yang terakhir
dimulai dari diri kita . kita harus punya niat dalam hati kita , bahwa kita akan istiqomah untuk membaca .

mungkin itu sekedar tips agar kita dapat mambudayakan mambaca . jadi ayo kita budayakan mambaca dengan mambaca kita dapat manjadi lebih faham tentang rahasia kehidupan ini .
tanamkan dalam diri kita satu kata " Sudahkah Saya Membaca ".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar