Rabu, 15 Februari 2012

MENELADANI SIKAP DAN AKHLAQ ROSUL MELALUI MAULID

  Assalamualaikum wr. wb
Salam Pramuka ....

 Sahabat pramuka yang di rahmati Allah .pada bulan ini kita memasuki bulan Rabiul awal  tentunya kita tahu lah ada apa dengan bulan ini ? pasti temen-temen pramuka sudah tahu di bulan ini ada perayaan maulid nabi atau kerennya Ultah Nabi Muhammmad SAW . pada Maulid Nabi ini umat Islam mempunyai tradisi biasanya kebanyakan mengadakan acara Maulid , mulai dari mengadakan acara maulid diba' yaitu pembacaan syair - syair terhadap nabi , dan ada juga yang mengadakan tasyakuran dan masih banyak acara yang lainnya .

 Sepintas dengan perayaan maulid Nabi Muhammad . kita segenap umat islam juga di tuntut untuk mengenang akan nabi Muhammad dan taklupa juga kita juga dituntut untuk meneladani Nabi baik dalam , perbuatan , sampai pada Sikap Nabi Muhammad Saw  , karena kita tahu firman allah " Sesungguhnya Nabi Muhammad adalah suri tauladan yang baik. dan tak hanya dalam Al qur'an dalam Hadist juga dijelaskan " sesungguhnya aku di utus untuk menyempurnakan akhlaq ummat ku .

 Dalam kitab suci dan sumber-sumber lainya telah banyak hal - hal yang menjelaskan akan Ahlaq atau budi luhur Nabi Muhammad Saw . niscaya jika kita kaji semua kepribadian rosul  wall di blog ini insyallah mungkin tidak akan cukup ,maka dari itu kami sedikit memberikan gambaran sepintas tentang Akhlaq Nabi Muhammad SAW ,Sejarah telah menceritakan nabi adalah pribadi mandiri di rumahnya. Beliau mengerjakan semua pekerjaan istrinya mulai dari mengepel, menyuci, strika, memasak, menjahit baju, dan lain-lain. Dalam fiqh madhab syafii, ada pendapat yang mengatakan semua pekerjaan rumah aslinya adalah tugas suami. Sementara tugas istri, adalah mendidik anak, dan ‘melayani’ suami.

 Itulah akhlaq nabi Muhammad Saw luhur bukan ? maka dari itu dalam momen bulan kelahirann-Nya mari kita membenah diri kita rubah seluruh sifat jelek kita , coba contoh fase ulat yang jadi Kupu- kupu ! . masak kita tidak bisa mencontohnya , maka dari itu poleslah diri kita dengan cat  kebaikan dan aklaq inget sahabat Pramuka ,nabi bersabda, “Iman orang mukmin yang paling sempurna adalah yang paling baik akhlaqnya”.  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar