Sabtu, 11 Februari 2012

BANGSA INDONESIA JANGAN LUPA SAMA JASA PARA PEJUANG.

Meski tak Muda dulu tapi mereka teteap gagah
  Sahabat Pramuka sejak Zaman kita mengenyam pendidikan di bangku SD sampai kita lulus dan akhirnya kita jadi Mahasiswa di salah satu universitas ,kita sering di ingatkan untuk mengenang jasa - jasa para pejuang bangsa indonesia . bahkan hal tersebut dikait - kaitkan dalam pelajaran dulu waktu masih SD baiasanya pelajaran sejarah dan Pkn ( dahulunya PPKN ) ,mereka berkorban dengan segenap jiwa , raga ,bahkan harta mereka, mereka lakukan semua itu hanya untuk kehidupan bangsa indonesia yang sejahtra lepas dari penjajahan dan menjadi bangsa yang makmur di masa yang akan datang.

 Hingga pada akhirnya bangsa indonesia merdeka ,dan kehidupan mulai membaik hingga saat ini . kemerdekaan tersebut pasti dapat kita rasakan dalam kehidupan kita di antaranya saja contoh yang paling sederhana adalah pada hari ini kita bebas dari penjajahan .

 Namun apakah kita juga memikirkan bagaimana nasib para pejuang indonesia yang biasanya di sebut dengan veteran yang masih hidup dapat menikmati hasil kerja keras mereka dalam membangun dan menggapai kemerdekaan bangsa ini?. tentu jawabannya adalah tidak .mengapa demikian ?, singga saat ini mereka sebatas hanya dikenang dan dihargai , namun kehidupan mereka masih sangat memperihatinkan mereka masih harus berjuang dengan kehidupan mereka yang hanya sebatang kara ,sangat miris sahabat pramuka .

Sebagai pejuang yang tulen dan betul-betul berjiwa garuda . tentunya mereka tidak mengharapkan semua itu mulai dari ,materi , pengahargaan , dan pangkat mereka berjuang demi bangsa ini dengan penuh rasa Ikhlas dan benar -benar berjuang tampa rasa pamrih .Akan tetapi, layakkah sebagai pejuang bangsa hanya sekadar dihargai oleh penerus bangsa, sementara mereka dibiarkan dalam kesulitan ekonomi, kemiskinan menjalani kehidupannya?sedangkan anak bangsa hanya menikmati dengan jas mapannya duduk manis,dan hobinya menghamburkan uang rakya ibarat sebuah kata pribahasa " Ibarat Kacang lupa pada kulitnya .


Terkadang sangat miris rasanya jika kita fikirkan nasib para mantan pejuang . coba sahabat pramuka ,kita bandingkan kehidupan para pejuang yang dengan keikhlasan jiwa dan raganya dan semangatnya demi kemerdekaan bangsa ini ,jika kita bandingkan dengan kehidupan para pejabat dengan kemewahan yang sangat melimpah bagaikan langit dan bumi saja .Padahal, para pejabat tersebut tidak akan dalam kehidupan yang layak jika kemerdekaan tidak diperjuangkan oleh para pejuang bangsa ini. Semestinya, para pejuang dan janda-janda pejuang pun disejahterakan oleh negara, bukan hanya pemberian “sekadar”. Sekadar dihargai dengan beberapa ratus ribu rupiah, tetapi tidak disejahterakan atau ditanggung kehidupannya dengan layak.

 Sahabat Pramuka jika kita  bercerita tentang kemerdekaan ini rasanya tidak akan ada cukupnya . perjalanan bangsa ini sangat panjang , paling tidak kita sebagai pandu bangsa ini harus menghormati jasa para pahlawan kita . dengan apa kita harus menghormatinya ? ada banyak cara bukan untuk menuju roma . paling tidak sebagai tunas bangsa dari sekarang harus memikirkan Bangsa ini , satu kutipan , " Bangsa ini dikatakan besar Jika bangsa ini mampu menghormati jasa para pahlawan kita ", mengapa demikian karena dengan kita mengenang jasa mereka maka akan tumbuh rasa patriotisme yang ada dalam diri kita .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar