Senin, 06 Februari 2012

SEMARAK MAULID

Bulan Februari  atau Rabiul awal seluruh ummat islam di muka bumi ini merayakan perayaan maulid nabi Muhammad SAW atau lebih kerennya Ultah ( Ulang tahun Nabi Muhammad SAW). berawal dari sejarah perayaan maulid nabi hanya dirayakan untuk memperingati kelahiran nabi Muhammad SAW , karena kita semua sudah mengerti Nabi muhammad adalah pembawa risalah Allah dan Beliau adalah penyempurna Ahlaq kita .

selayak pandang tentang perayaaan maulid kita tahu bagaimana pentingnya perayaan maulid nabi muhammad terutama sangat terasa semarak baik di kota dan tak lebihnya Di desa . apa lagi perayaan maulid di desa semarak dan lantunan puji - pujian kepada Bliau seakan meramaikan suasana kesahajaan desa , dan tak hanya di situ yang paling seru lagi setiap kepala keluarga berbondong - bondong  ke mesjid sambil bawa buah - buahan nant pas di masjid saling tukar menukar antar sesama muslim. dan masih banyak tradisi - tradisi acara maulid di berbagai daerah .

 jika kita mau memikirkan lagi , baulan Maulid sangat penuh akan makna - makna yang tersimpan dalam perayaan tersebut.dalam perayaan tersebut. kita tidak hanya memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad namun Kita juga dituntun untuk melakukan Revolusi  namun bukan revolusi militer maksud disini adalah revolusi diri kita sendiri , yang kemaren - kemaren kita sering melakukan keburukan sekrang harus dirubah 180 derajad menjadi insan yang lebih muslim .

 dalam Al qur'an sudah di jelaskan " Nabi Muhammad adalah Uswatun Hasana " apa sih " Uswatun Hasana ". secara bahasa bisa di artikan sebagai contoh yang baik . sudah banyak dalam firman Allah maupun sejarah yang menjelaskan kearifan dan sifat kearifan Rosulullah diantaranya saja contoh paling sederhana saja pernah tidak Rosul marah ?  malah rosul masih sangat toleran pada musuhnya . jadi marilah semua warga pramuka jadikan momentum perayaaan ini sebagai wahana perubahan diri dan juga sempatkan dalam maulid ini sebagai ajang da'wah kita buktikan Islam adalah agama rahmatal lil alamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar