Sabtu, 25 Februari 2012

MENUMBUHKAN JIWA KEWIRA USAHAAN DALAM PRAMUKA

 Estra kurikuler Pramuka sangatlah penting keberadaannya dalam elemen pada suatu sekolah . hal itu sangatlah terasa bahwa dalam pendidikan kepramukaaan anggota pramuka dituntut untuk menjadi manusia yang mandiri , beriman , bertaqwa , dan mampu memiliki kompetensi yang nantinya dapat di gunakan dalam masyarakat serta bermanfaat dalam masyarakat .
 Dan tidak hanya pengasaan skil di atas . anggota pramuka alangkah baiknya jika memiliki jiwa kewirausahaaan , hal tersebut sangat bermanfaat sebgai bekal untuk menuju kepada kehidupan di masyarakat . mangapa hal tersebut sangat penting ? perlu kita ingati visi dan misi gerakan pramuka serta tuntunan zaman .
 Selebinya jika anggota Pramuka seperti di Gugus Ma Hidayatullah yang nota bene adalah santri .paling tidak santri tidak selalu dalam fokus pelajaran keagamaan  alangkah baiknya jika kita juga memberikan bekal kewira usahaan , kita berkaca kepada Rosulullah "Berkaca dari Rasulullah. Kita sebagai umat Islam memiliki panutan yakni Rasulullah Muhammad SAW. Bagi kita yang berada di pesantren, setiap waktu bergelut dengan Al-Qur’an dan hadits. Dan Apa-apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.
Rasulullah SAW itu mengajarkan kepada kita semua tidak hanya beribadah kepada Allah SWT, menuhankan Allah, tetapi juga mengajarkan bagaimana kita memanusiakan manusia. Bagaimana kita harus berkembang dengan baik, kita harus bertanggung jawab sebagai kepala keluarga, memberikan nafkah serta bagaimana berbakti kepada orang tua. Jadi bahasa sederhananya, hubungan vertikal dan horisontalnya harus seimbang. Kalangan pramuka mestinya berkaca pada Rasulullah.
  Lantas apa yang harus kita perbuat ?. ada banyak cara dalam kepramukaan yang bertujuan terfokus dalam mencetak kemandirian anggotanya . diantaranya adalah membuat kedai pramuka , mambuat galeri pramuka . namun hal tersebut sangatlah menyulitkan baik terkendala dari , pendanaan , dan dukungan serta etos kerja anggota pramuka .
 namun ada cara lain yang tak kalah hebat dari konsep - konsep kewirausahaan dalam kepramukaan . yaitu melalui sistem Pkk . dan tata boga . di mana cara tersebut sangat sederhana dan hasilnya juga memuaskan , dan yang tak kalah hebat , modal dalam pelaksanaan pkk dan tata boga  sangatlah minim .

 maka dari itu paling tidak mulai sekarang sudah selayaknya pramuka tidak hanya memiliki rasa patriotisme , nasionalisme , namun pramuka juga harus memiliki jiwa kewira usahaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar