Jumat, 10 Februari 2012

NASIB OLAHRAGA OJUNG

Indonesia memang kaya akan tradisinya . di antaranya adalah salah satu olahraga ojung

Olahraga ojung mungkin masih asing di telinga kita . olah raga ojung adalah olahraga yang mengandalkan kekuatan fisik , dimana dalam permainan tersebut antar lawan hanya memukul lawan tandingnya dengan menggunakan rotan, sampai - sampai di tubuh pemain mengalami luka - luka, dalam olah raga tersebut diatur oleh seorang wasit dan satu pawang main, peraturan dalam olahraga tersebut sangat berfariatif sesuai dengan daerah dimana dia berada ,contohnya saja antara daerah bondowoso dan madura peraturannya sangat jauh berbeda .
 selayak pandang dengan olahraga yang satu ini . sebetulnya jika kita tengok kedalam sejarah bangsa ini , olahraga ojung telah ada sejak zaman nenek moyang kita , asal olahraga ini ada beberapa versi  menurut sebagian sejarawan ada yang menyebutkan olahraga ini berasal dari pulau madura dan ada juga yang berasal dari Bondowoso pas waktu babad bondowoso pertama . namun pendapat yang kuat adalah berasal dari daerah Madura yang kemudian merembet penyebarannya di daerah jawa hususnya daerah , Bondowoso, Besuki dan Situbondo .
  Namun olahraga yang satu ini sudah hampir dikatakan hampir punah .dan hanya tinggal cerita . biasanya olahraga ini dilaksanakan jika ada acara bersih desa dan acara meminta hujan, namun sekarang hampir tidak pernah terlihat orang yang melakoni acara tersebut ,entah banyak fakto dari olah raga yang bisa dikatakan agak extrem dan ada yang disebabkan sebagai olahraga yang katro ato ketinggalan jaman .

 jadi ayo kita sebagai tunas bangsa ,paling tidak kita abdikan diri kita untuk betul menjaga Negara ini .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar